Penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan analisis menyeluruh mengenai penggunaan film kartun dalam mengembangkan keterampilan literasi Bahasa Indonesia kelas VI UPTD SD Negeri 125549 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat berguna dalam upaya memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dan memberikan pemahaman kepada guru untuk menerapkan literasi peserta didik. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif melalui metode PTK. Subjek yang diteliti merupakan siswa kelas VI UPTD SD Negeri 125549 Pematangsiantar sebanyak 21 siswa. Hasil tes pada sikus I sebanyak 5 siswa (23,8) dengan kriteria sangat baik. 4 siswa (19,0) dengan kriteria baik. 4 siswa (19,0) dengan kriteria cukup. 3 siswa (14,3) dengan kriteria kurang baik. 5 siswa (23,8) dengan kriteria tidak baik. Sedangkan kriteria ketuntasan sebanyak 8 siswa belum mencapai ketuntasan. Hasil tes pada siklus II sebanyak 9 siswa (42,8) dengan kriteria sangat baik. 8 siswa (38,0) dengan kriteria baik. 3 siswa (14,3) dengan kriteria cukup. 1 siswa (4,7) dengan kriteria kurang baik. Untuk siklus ini sudah dikatakan tuntas mesikpun ada 1 siswa yang masih belum tuntas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025