JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain dan Produksi Busana di Kelas XI Busana SMKN 1 Lembah Gumanti

Rahmi, Zulfi (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI Busana SMKN1 Lembah Gumanti dalam pembuatan pola busana mata pelajaran Desain dan Produksi Busana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kesulitan belajar siswa dalam pembuatan pola busana, (2) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari faktor internal (kondisi kesehatan, minat, motivasi, kebiasaan belajar siswa), (3) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari faktor eksternal yang terdiri dari faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Busana berjumlah 64 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling (sampel jenuh) berjumlah 64 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur tingkat kesulitan belajar siswa dan kuesioner untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembuatan pola busana mata pelajaran Desain dan Produksi Busana ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal siswa. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif menggunakan aplikasi SPSS versi 21.0 dan microsoft excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan belajar siswa dalam pembuatan pola busana berada pada kategori sangat rendah (0% atau 0 siswa), rendah (8% atau 5 siswa), sedang (58% atau 37 siswa), tinggi (34% atau 22 siswa), dan sangat tinggi (0% atau 0 siswa). (2) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari faktor internal yaitu faktor kondisi kesehatan siswa (44%), minat siswa (61%), motivasi siswa (55%), dan kebiasaan belajar siswa (45%). (3) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari faktor eksternal yaitu faktor lingkungan keluarga terdiri atas faktor ekonomi keluarga (41%), perhatian orangtua (64%), dan suasana rumah/keluarga (48%). Faktor lingkungan sekolah terdiri atas faktor hubungan sosial siswa dengan guru (48%), cara mengajar guru (61%), media pembelajaran (61%), dan fasilitas pembelajaran (64%). Ditinjau dari faktor lingkungan masyarakat terdiri atas pergaulan dengan masyarakat (55%) dan pengaruh media sosial (47%).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...