Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kerja sama siswa yang termasuk kurang, dimana siswa belum bekerja sama dengan teman sekelompoknya dan hanya beberapa siswa yang aktif dalam pengerjaan tugas kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Baamboozle terhadap kemampuan kerja sama siswa kelas V Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif Quasi Experiment Design berupa Nonequivalent Posttest Only Control Design. Penelitian ini menggunakan populasi keseluruhan siswa kelas V di SDN Kepuh Kiriman 1 Waru dengan sampel siswa kelas V B menjadi kelas kontrol dan V C menjadi kelas eksperimen dengan jumlah tiap kelas 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T dengan independent sample test. Penelitian ini memperlihatkan hasil bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Baamboozle terhadap kemampuan kerja sama siswa kelas V SDN Kepuh Kiriman 1 Waru memiliki nilai signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, selain itu dibuktikan dari rata-rata hasil lembar angket siswa yang mana kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi sebesar 89,3 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 63.
Copyrights © 2025