Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beberapa faktor, yaitu kepercayaan konsumen, kualitas produk, dan citra merek, terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Pixy di Kota Batam. Populasi penelitian terdiri dari konsumen yang telah membeli atau menggunakan produk bedak wajah Pixy di Batam pada tahun 2024, meskipun jumlah pastinya tidak diketahui. Untuk menentukan ukuran sampel, digunakan rumus Lameshow yang menghasilkan 100 responden melalui teknik purposive sampling. Dalam menganalisis data, dilakukan uji kualitas data, uji asumsi klasik, pengujian pengaruh, dan uji hipotesis. Dari hasil regresi linier berganda, ditemukan bahwa kepercayaan konsumen memberikan kontribusi sebesar 17,9% terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk berkontribusi sebesar 23,5%, dan citra merek memberikan kontribusi sebesar 33,8%. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen, kualitas produk, dan citra merek bersama sama dapat menjelaskan 79,5% variasi dalam loyalitas pelanggan. Temuan uji t dan uji F juga mempertegas bahwa kepercayaan konsumen, kualitas produk, dan citra merek berpengaruh secara signifikan baik secara individu maupun bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2025