Studi ini mengkaji bagaimana promosi dari mulut ke mulut, kualitas produk, dan citra merek memengaruhi keputusan warga Kota Batam untuk membeli lemari es Samsung. Memahami elemen-elemen ini sangat penting untuk mempertahankan pangsa pasar dalam industri elektronik, yang menghadapi persaingan yang semakin ketat. Menganalisis dampak setiap faktor terhadap keputusan pelanggan baik secara terpisah maupun kolektif adalah tujuan dari studi ini. Studi ini menggunakan metodologi deskriptif dan kausal secara kuantitatif. Kuesioner berbasis Likert digunakan untuk mengumpulkan data dari 100 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Regresi linier berganda, validitas, reliabilitas, dan uji asumsi tradisional merupakan bagian dari analisis data. Temuan menunjukkan bahwa promosi dari mulut ke mulut, kualitas produk, dan citra merek secara signifikan meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli. Jika mempertimbangkan semua hal, ketiga faktor ini dapat menjelaskan 76 persen varians dalam pilihan konsumen. Hasil ini menyiratkan bahwa posisi Samsung di pasar elektronik Kota Batam yang sangat kompetitif dapat diperkuat melalui inisiatif untuk meningkatkan ketiga aspek ini melalui taktik yang terfokus. Kata Kunci: Brand Image, Kualitas Produk , Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Pasar Elektronik
Copyrights © 2025