Salah satu elemen profil pelajar Pancasila yang harus dilatihkan kepada siswa yakni kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis bisa diajarkan selama pembelajaran melalui sumber belajar yang mendukung, antara lain E-LKPD berbasis pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Salah satu materi yang bisa digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis yaitu Sistem Sirkulasi Manusia. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Pengembangan E-LKPD ini merujuk pada model pengembangan 4D yang mencakup tahap-tahap define, design, develope, dan disseminate. Data validitas E-LKPD didapat dari hasil validasi tiga validator. Data kepraktisan E-LKPD didapat dari hasil angket respons peserta didik setelah menggunakan E-LKPD. Data keefektifan E-LKPD didapat dari hasil post test peserta didik setelah pembelajaran menggunakan E-LKPD. Hasil yang diperoleh menunjukkan validitas E- LKPD sebesar 3,97 dengan kategori sangat valid. Respons positif peserta didik sebesar 96,75%, sehingga E-LKPD berkategori sangat praktis. Ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 100%, yang menyatakan bahwa E-LKPD berkategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan E-LKPD yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025