Seminar Nasional Riset dan Teknologi (SEMNAS RISTEK)
Vol 9, No 1 (2025): SEMNAS RISTEK 2025

Pengembangan Game Edukasi dengan Pendekatan MDLC: Game Zat Gizi untuk Generasi Digital

Mauda, Cecep (Unknown)
Zaliluddin, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Game edukasi berbasis Android adalah cara kreatif untuk membantu anak-anak memahami nutrisi. Menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap: konsepsi, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Game Kuis Zat Gizi. Anak-anak di sekolah dasar diharapkan untuk belajar tentang manfaat zat gizi buah-buahan melalui permainan yang menyenangkan dan edukatif. Metode Black Box digunakan untuk menguji game untuk memastikan bahwa fungsinya memenuhi spesifikasi dan System Usability Scale (SUS) digunakan untuk mengevaluasi kegunaan game. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game ini sangat berguna, dengan skor SUS rata-rata 72,19 dan termasuk kategori "Acceptable". Pengujian ini juga menunjukkan bahwa game mampu meningkatkan pemahaman anak-anak tentang nutrisi secara signifikan 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

semnasristek

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Other

Description

Prosiding ini berisi artikel-artikel yang telah didesiminasikan dalam acara Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI. Penyelenggaraan SEMNAS RISTEK dimulai tahun 2017 dengan publikasi ...