Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains (SPS) siswa kelas 3 SD Islam Terpadu Nurul Ilmi melalui implementasi model pembelajaran Inkuiri terbimbing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Kelas sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3D di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi yang berjumlah 30 orang. Adapun elemen SPS yang diukur dalam penelitian ini difokuskan pada SPS dasar yang meliputi keterampilan observasi, klasifikasi, pengukuran, pengumpulan data, analisis data dan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus hingga seluruh siswa mendapatkan skor minimal 75 untuk setiap elemen keterampilan yang diukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan tiga siklus mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas 3 SD Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa SPS peserta didik pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 35% meningkat menjadi 61,1% pada siklus II, dan meningkat menjadi 88,8% pada siklus III. Diakhir penelitian ini, penulis menyarankan agar guru-guru perlu mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan SPS siswa dimasa depan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025