Program Budaya Baca adalah suatu program kerja yang disusun oleh seorang pustakawan yang bekerja sama dengan kepala sekolah SMPN 1 Enrekang. Dengan adanya program budaya baca yang diterapkan setiap pekannya membuat peserta didik lebih antusias dalam mengembangkan suatu potensi dan bakatnya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa efektif program budaya baca dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMPN 1 Enrekang, serta dapat menilai seberapa antusisnya peserta didik dalam mengikuti program budaya baca sehingga pustakawan dan guru dapat mengevaluasi Kembali program dan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan yang dijalankan. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pengujian langsung terhadap peserta didik yang telah mengikuti program budaya baca yang dilaksakan setiap pekannya. Analisis data yang digunakan mengacu pada model survei. Dalam penelitian ini, terdapat 5 orang sebagai informan yang terdiri dari kordinator perpustakaan diantaranya kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, guru dan peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa salah satu kegiatan program budaya baca sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi peserta didik di SMPN 1 Enrekang, dengan adanya suatu capaian yang telah dicapai oleh peserta didik dapat membuktikan suatu prestasi yang diraihnya. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh penelitian selanjutnya dan dapat menjadi pedoman, saran dan masukan kepada sekolah terkhusus kepada perpustakaan sendiri dalam mengembangkan program kerja baru sehingga dapat mencapai tujuan perpustakaan itu sendiri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025