Pendaki pemula sering menghadapi risiko keselamatan akibat kurangnya pemahaman mengenai peralatan pendakian yang diperlukan, yang dapat berujung pada kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi aplikasi game edukasi 3D berbasis Android sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk memperkenalkan peralatan pendakian. Game ini dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahapan: inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta testing, dan rilis. Aplikasi diuji melalui metode pengujian teknis dan evaluasi pengguna untuk memastikan fungsionalitas serta pengalaman pengguna yang optimal. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini berhasil meningkatkan pemahaman pengguna tentang peralatan pendakian dengan skor kepuasan pengguna sebesar 83,4% untuk aspek kegunaan dan 81,1% untuk aspek fungsionalitas. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan solusi pembelajaran inovatif yang tidak hanya meningkatkan pengetahuan pendaki pemula tetapi juga berpotensi mengurangi risiko kecelakaan melalui pendekatan edukasi yang menyenangkan.
Copyrights © 2024