Salah satu metode pembelajaran Bahasa Arab untuk anak Sekolah Dasar adalah games method. Dalam pendekatan ini, pembelajaran dilakukan melalui permainan dan aktivitas yang menarik, sehingga anak-anak tidak merasa tertekan dan lebih mudah menyerap materi, karena bermain adalah memang dunianya anak-anak. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan menggunakan keadaan sosial tertentu dengan mendeskripsikan fakta yang ada secara benar, dibantu dengan kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data relevan yang diperoleh dari keadaan alamiah. Penelitian ini diharapkan menarik minat belajar Bahasa Arab pada anak SD di PKBM Riyadhul Jannah setelah diaplikasikan games method sebagai metode pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan bahwa games method dapat menaikkan minat belajar bahasa arab untuk anak SD di PKBM Riyadhul Jannah, dengan memiliki keungulan: 1) Bahan ajar dapat disajikan dengan full Arabic 2) Metode pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi Bahasa arab di kelas adalah metode ceramah. Dengan menyertakan tahapan dalam metode ini, antara lain: 1) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan metode yang akan dilaksanakan 2) Guru memberikan aturan dalam bermain 3) Peserta didik memulai permainan 4) Evaluasi dilakukan selama permainan dilakukan 5) Permainan diakhiri setelah sukses ataupun gagal.
Copyrights © 2024