Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak, yaitu; orang tua, lingkungan, teman sebaya, dan aktivitas komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisa terhadap pemerolehan bahasa anak usia 2 tahun 5 bulan dalam aspek sintaksis dan pembentukan bentuk-bentuk kalimat. Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara dengan teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode padan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa anak 2 tahun 5 bulan dari lingkungan keluarga berupa kalimat deklaratif yang digunakan untuk menyampaikan berita faktual. Jenis kalimat yang diungkapkan berupa penjelasan pada lawan bicara. Ada banyak variasi pola kalimat dan ada pula bahasa fungsional yang diekspresikan tanpa pola yang jelas. Ini artinya bahwa perkembangan bahasa anak usia dini sangat dipengaruhi oleh lingkungan, terutama lingkungan keluarga dan kerabat terdekat, yaitu orang tua dan saudara-saudara serta dukungan terhadap bahasa.Kata Kunci : pemerolehan bahasa; bahasa pertama; sintaksis AbstractThere are several factors that influence language acquisition in children, namely: parents, environment, peers, and communication activities. The purpose of this study was to describe the results of the analysis of the language acquisition of children aged 2 years 5 months in the aspect of syntax and the formation of sentence forms. This study used descriptive qualitative method. Collecting data by observation and interviews with data analysis techniques. This research uses the referential equivalent method. The results of the study show that Acquisition of language children 2 years 5 months acquire language from the family environment in the form of declarative sentences used to convey factual news. The type of sentence expressed in the form of an explanation to the interlocutor. There are many variations of sentence patterns and there are also functional languages that are expressed without a clear pattern. This means that early childhood language development is strongly influenced by the environment, especially the family environment and closest relatives, namely parents and siblings as well as support for language. Keyword: language acquisition; first language; syntax.
Copyrights © 2025