Multidisciplinary Indonesian Center Journal
Vol. 2 No. 1 (2025): Vol. 2 No. 1 Edisi Januari 2025

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER

DAULAY, RAPIQ ANANDA (Unknown)
Mutiara (Unknown)
Nurfitria Manik (Unknown)
Imam Samudra Harahap (Unknown)
Haida Nilfa (Unknown)
Fitrah Yuliana (Unknown)
Rifandi Pane (Unknown)
Mirna Pohan (Unknown)
Utri Siregar (Unknown)
Yeza Windana (Unknown)
Berlianta Siregar (Unknown)
Nina Sintya Bella (Unknown)
Ade Muhammad Mulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer di SMK Swasta Muhammadiyah 13 Sibolga. Pendidikan di era digital menghadapi tantangan besar dalam menarik minat siswa, khususnya dalam pembelajaran yang cenderung monoton dengan pendekatan konvensional. Salah satu solusi yang diajukan adalah penggunaan aplikasi desain grafis Canva yang memungkinkan siswa untuk menciptakan karya visual seperti poster, presentasi, dan infografis, guna mendukung pemahaman mereka terhadap materi pelajaran komputer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen angket untuk mengukur minat belajar siswa setelah menggunakan aplikasi Canva. Sampel penelitian terdiri dari 19 siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan yang dipilih dengan teknik total sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan SPSS, untuk menguji pengaruh penggunaan Canva terhadap minat belajar siswa. Hasil diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai peran teknologi dalam pendidikan serta memberikan rekomendasi bagi guru dalam mengoptimalkan media pembelajaran guna meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Kata Kunci: Aplikasi Canva, Minat Belajar, Mata Pelajaran Komputer

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

micjo

Publisher

Subject

Religion Humanities Earth & Planetary Sciences Education Other

Description

Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO) adalah Jurnal multidisiplin yang membahas dan mengkaji semua disiplin ilmu, seperti: - Humaniora - Ilmu sosial - IPA - Ilmu hukum - Ilmu pendidikan, - Ilmu agama - Ilmu bahasa - Filsafat, - Teknik - Bisnis - Ekonomi - Manajemen - Teknologi ...