Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh inovasi produk dan e-commerce terhadap daya siang UMKM konveksi di kecamatan Tuah Madani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan populasi responden sebanyak 32 pelaku usaha konveksi di Kecamatan Tuah Madani serta sampel diambil dari seluruh total populasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket yang berbentuk daftar pertanyaan dengan menggunakan skala likert. Untuk variable independen pada penelitian ini adalah inovasi produk dan e-commerce, teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa inovasi produk dan e-commerce secara simultan berpengaruh terhadap daya saing UMKM konveksi hal ini berdasarkan hasil analisis, perhitungan menujukkan nilai F hitung F tabel (26.6733.33). Sedangkan secara parsial inovasi produk dan e-commerce berpengaruh terhadap daya saing UMKM konveksi, hal ini berdasarkan dengan hasil uji t variable inovasi produk diperoleh nilai thitung 2.985 dengan nilai ttabel 2.045. Dan e-commerce memperoleh nilai thitung 2.782 dengan nilai ttabel 2.045. Jadi dapat disimpulkan bahwa inovasi produk dan e-commerce berpengaruh terhadap daya saing UMKM konveksi di Kecamatan Tuah Madani dengan proporsi pengaruh sebesar 62,4% sedangkan sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2025