JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling
Vol 3, No 1 (2025): Februari 2025

Pengembangan Game Kuis Edukasi Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator (SAC) pada Materi Kerajaan Hindu Budha

Faisal, Ahmad (Unknown)
Bunari, Bunari (Unknown)
Asril, Asril (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Pemanfaatan media teknologi pembelajaran kekinian masih kurang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa pada mata pelajaran sejarah, sehingga diperlukan pengembangan game kuis edukasi yang berbentuk permainan terintegrasi dengan teknologi kekinian. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gaung dengan objek penelitian yaitu pengembangan game kuis edukasi dengan materi kerajaan hindu budha. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan RD dengan desain model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi ahli, praktikalitas, dan soal tes yang dianalisis dengan statistic deskriptif. Hasil akhir produk didapatkan penilaian ahli validasi materi mencapai persentase kevalidan sebesar 85,00%, ahli media sebesar 88,57%. Tingkat kepraktisan produk berdasarkan perpektif guru mencapai  persentase kepraktisan sebesar 92,73% dengan kategori sangat praktis, dari respon siswa pada uji coba kelompok kecil mencapai persentase 88,73%, dan pada kelompok terbatas mencapai persentase 89,21%. Tingkat efektifitas produk tergolong efektif dengan rata-rata nilai N-Gain secara keseluruhan mencapai nilai sebesar 0,78 lebih besar 0,76.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jamparing

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Physics Social Sciences

Description

JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang; 1. Akuntansi 2. Ekonomi 3. Bisnis 4. Manajemen 5. Pajak 6. Pariwisata 7. Sosial-Budaya 8. Pendidikan/Pembelajaran 9. ...