SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 4 (2024)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

MARIA INKA DEVITASARI (Universitas Nusa Nipa)
AGUSTINA ELIZABETH (Universitas Nusa Nipa)
BERTOLOMEUS HARYANTO AGUNG (Universitas Nusa Nipa)
YULITA IKA KITA (Universitas Nusa Nipa)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Science literacy is the ability to use scientific information, identify questions, draw conclusions based on scientific knowledge, and make decisions related to nature, as well as human interactions with nature. Science literacy competencies include explaining phenomena scientifically, designing and evaluating scientific investigations, interpreting data and evidence scientifically. This study aims to improve science literacy skills through the application of problem-based learning models with a teaching at the right level approach on renewable energy material. The method used in this research is a qualitative research method that adopts a pre-experimental approach. The population and sample were class X students totaling 48 students. The instrument used in the study was an instrument in the form of an essay question test of science literacy skills in the form of a pre-test and post-test of 5 items.  The results showed that students were able to work on test questions given in each competency with a very high category with an average percentage of 84% with an average percentage of each competency, namely explaining phenomena scientifically 84%, designing and evaluating scientific investigations 78%, interpreting data and evidence scientifically 100%. ABSTRAKKemampuan literasi sains merupakan kemampuan menggunakan informasi ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan, menarik kesimpulan berdasarkan pengetahuan ilmiah, dan membuat keputusan berkaitan dengan alam, serta interaksi manusia dengan alam. Kompetensi literasi sains meliputi menjelaskan fenomena secara ilmiah, merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah, menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan teaching at the right level pada materi energi terbarukan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang mengadopsi pendekatan pre-eksperimental. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 48 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen berupa  soal  essay tes kemampuan literasi sains berupa pre test dan post test sebanyak 5 butir soal.  Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik mampu mengerjakan soal tes yang diberikan pada setiap kompetensi dengan kategori sangat tinggi rata-rata presentase sebesar 84% dengan rata-rata presentase setiap kompetensi yakni menjelaskan fenomena secara ilmiah 84% , merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah 78%, menafsirkan data dan bukti secara ilmiah 100%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...