Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025

Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Profetik Menggunakan Strategi Ganda melalui Bahan Ajar Manual

Pratiwi, Dini Ristiyanti (Unknown)
Assidik, Gallant Karunia (Unknown)
Rahmawati, Laili Etika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca cerpen profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes menggunakan bahan ajar manual; 2) hasil belajar ketermpilan membaca cerpen profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes menggunakan bahan ajar manual. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun akademis 2024/2025. Populasi penelitian adalah para mahasiswa semester-1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Kupang yang berjumlah 27 mahasiswa. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 26 mahasiswa berdasarkan formula statistik. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan pedoman observasi untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dan kegiatan pembelajaran. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan tes keteramplian membaca cerpen profetik. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran membaca cerpen profetik Bahan ajar yang digunakan memiliki empat bagian. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel menggunakan skor baku mean ekspektasi 85,00. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca cerpen profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes menggunakan bahan ajar manual melibatkan 3 kegiatan awal, 27 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan membaca cerpen profetik mengungguli mean baku minimal di atas 85,00 yakni 85,10.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...