Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media sosial terhadap produktivitas akademik mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, diukur melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Metode yang digunakan melibatkan dua model pembelajaran mesin: Decision Tree dan Random Forest. Data diolah menggunakan teknik penskalaan yang tahan terhadap outlier dan penyeimbangan data melalui teknik oversampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Random Forest memiliki performa superior dengan akurasi, presisi, recall, dan F1-score masing-masing sebesar 90%. Sementara itu, model Decision Tree menunjukkan akurasi sebesar 80%, dengan presisi 86%, recall 80%, dan F1-score 82%. Analisis pentingnya fitur menunjukkan bahwa 'Fakultas' dan 'Jenis Kelamin' adalah faktor paling signifikan dalam memprediksi IPK mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Random Forest dengan teknik penyeimbangan data dapat meningkatkan akurasi dan keandalan prediksi, memberikan wawasan tentang pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan produktivitas akademik mahasiswa.
Copyrights © 2024