Salah satu cara untuk meningkatkan performa motor yaitu mengganti TPS standart dengan racing berbahan bakar Pertalite dan Shell V-Power. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruhnya terhadap torsi, daya, BEMP, FC, SFC, dan efisiensi thermal pada engine Vario 125. Data dikumpulkan melalui dua pengujian pertama dengan bahan bakar Pertalite menggunakan sensor TPS standar dan racing, dan kedua dengan bahan bakar Shell V-Power menggunakan alat dynotest, tachometer, dan buret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sensor TPS standartdan racing dengan bahan bakar Pertalite dan Shell V-Power memiliki pengaruh nyata terhadap performa mesin. Torsi maksimum dicapai pada putaran 3000 RPM, dengan sensor TPS racing berbahan bakar Pertalite sebesar 19,15 Nm. Daya maksimum didapatkan dari penggunaan sensor TPS standart berbahan bakar Shell V-Power yaitu 9,5 HP pada putaran 8000 RPM. Tekanan efektif rata-rata maksimum didapatkan pada putaran 3000rpm yaitu 19,440 kgf/cm2. Nilai FC dan SFC paling rendah tercapai saat menggunakan sensor TPS standart dengan bahan bakar Shell V-Power, dengan nilai masing-masing 0,18 kg/jam dan 0,026 kg/HP.jam pada putaran 2000 RPM. Untuk nilai efisiensi thermal maksimumnya sebesar 53,42% terdapat pada putaran 3000 RPM.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024