Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pola Pembinaan Guru Penggerak Terhadap Guru Non Penggerak Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Deli Serdang. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala SMP Negeri 1 Hamparan Perak dan Guru Penggerak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pola Pembinaan Guru Penggerak Di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Deli Serdang sudah baik dimana pola yang digunakan guru penggerak adalah pola pembinaan lapangan, pembinaan interaksi dan komunikasi dengan melakukan coaching, role model pembelajaran di kelas, membuat komunitas belajar, membentuk forum diskusi dan melakukan pendampingan dalam pembuatan bahan/media ajar inovatif. Guru juga melakukan komunikasi yang lancar agar tidak salah paham serta guru penggerak menjadi role model bagi guru non penggerak. Pembinaan guru penggerak terhadap guru non penggerak juga merupakan kegiatan yang berkelanjutan dilakukan karena merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan guru penggerak. Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Deli Serdang, guru penggerak dan guru non penggerak melakukan kerja sama dengan baik dimana komunikasi yang dibina guru penggerak dan non penggerak lancar, diskusi yang dilakukan juga menghasilkan masukan yang efektif serta sesama guru tidak memandang status untuk saling bekerja sama dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
Copyrights © 2025