Instalasi Gawat Darurat merupakan pintu pertama bagi pasien dalam memperoleh tindakan perawatan baik dalam keadaan gawat darurat maupun tidak dalam keadaan gawat darurat. Keberhasilan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat ditandai oleh kepuasan pasien yang salah satunya dicapai melalui pelayanan keperawatan yang kompeten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kompetensi perawat IGD dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang IGD RSUD Kota Tangerang. Metode penelitian. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan tentang kompetensi perawat dan tingkat kepuasan pasien. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling, dengan sampel sebanyak 280 orang responden. Analisis data menggunakan Chi Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi perawat IGD dengan tingkat kepuasan pasien di ruang IGD RSUD Kota Tangerang dengan p value 0,001 (p < a 0,05). Saran diharapkan meningkatkan kemampuan dengan mengikuti pelatihan dan seminar-seminar yang bisa menambah kompetensi bagi seluruh perawat. Pihak manajemen dapat melakukan survey secara berkala mengenai kepuasan dalam pelayanan untuk memberikan evaluasi serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024