Renang merupakan salah satu materi dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan melalui media audiovisual dan keterampilan renang gaya bebas melalui media alat bantu swimboard dan pullbuoy di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Gedangan Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, weak-experimental dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian dipilih menggunakan cluster random sampling dengan jumlah 33 siswa. Hasil belajar pengetahuan diukur menggunakan tes tulis berupa pilihan ganda dan keterampilan diukur menggunakan tes renang gaya bebas 25m yang dinilai oleh 3 observer berlisensi renang. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya terdapat pengaruh media audiovisual dan alat bantu terhadap hasil belajar renang gaya bebas pada aspek pengetahuan (t= 10.095, p= 0.000<0.05) dan keterampilan (t= 7.743, p= 0.000<0.05). Hasil belajar pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebesar 52.82% dan pada aspek keterampilan sebesar 32.57%. Maka dapat disimpulkan bahwa media audiovisual dan alat bantu renang mempengaruhi hasil belajar renang gaya bebas dengan besar pengaruh rentang sedang.
Copyrights © 2024