JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 10, No 1 (2025): VOLUME 10 NUMBER 1 JANUARY 2025

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENERIMAAN DIRI ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SEKADAU

Yulianti, Sri (Unknown)
Sulistyarini, Sulistyarini (Unknown)
Wicaksono, Luhur (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus di SLBN Sekadau. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan berlandaskan positivistic, dengan bentuk desain asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh orang tua anak anak berkebutuhan khusus di SLBN Sekadau yang berjumlah 29 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah semua orang tua anak-anak berkebutuhan khusus di SLBN Sekadau yang berjumlah 29 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi tidak langsung berupa inventori, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, berupa persentase, regresi berganda, dan analisis multivariat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Rata-rata dukungan sosial orang tua anak berkebutuhan khusus berada pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 74%; (2) Rata-rata kecerdasan emosional orang tua anak berkebutuhan khusus berada pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 75%; (3) Rata-rata penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus berada pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 71%; (4) Terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus SLBN Sekadau; (5) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus di SLBN Sekadau; (6) Terdapat pengaruh dukungan sosial dan kecerdasan emosional secara simultan terhadap penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus di SLBN Sekadau.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...