Jurnal Teknologi Pendidikan ( JTekpend)
Vol. 5 No. 1 (2025): Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)

MOBILE LEARNING, VIRTUAL LEARNING METAVERSE DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN PAI

Alfyn, Muhammad Alfiannur (Unknown)
Rohbiah (Unknown)
Cahyadi, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Mobile Learning, Virtual Learning Metaverse, dan Artificial Intelligence (AI) menjadi teknologi yang menawarkan potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Mobile Learning memungkinkan akses pembelajaran fleksibel melalui perangkat mobile, memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Virtual Learning Metaverse, yang memanfaatkan teknologi dunia virtual, menawarkan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan imersif, memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan materi terbuka dan sesama peserta didik secara lebih mendalam. Sementara itu, AI dalam pendidikan memberikan personalisasi dalam pembelajaran dengan menganalisis perilaku dan kebutuhan siswa, serta memberikan umpan balik yang relevan. Integrasi ketiga teknologi ini dalam pembelajaran PAI dapat mendukung peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempelajari ajaran Islam dengan cara yang lebih efektif, efisien, dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Mobile Learning, Virtual Learning Metaverse, dan AI dapat diimplementasikan dalam pembelajaran PAI untuk menghadirkan pengalaman belajar yang lebih inovatif dan menyenangkan bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtekpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend) is a journal published by Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya. Published twice a year in the Januari and July. JTekpend has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. ...