Mengetahui pola pembelian barang dari konsumen adalah penting untuk strategi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pola pembelian konsumen melalui transaksi mereka. Pembelian item barang yang sering dibeli secara bersamaan dapat diteliti sehingga pihak minimarket mengatur tata letak dan pengadaan stok barang. Pada penelitian ini penulis telah mengumpulkan data transaksi kemudian mengambil data secara acak, membuat tabulasi data, memilah data dengan menentukan nilai minimum support dan confidence kemudian diuji kebenarannya menggunakan aplikasi data mining dengan metode algoritma apriori. Setelah proses pengujian, ditemukan hasil tertinggi nilai support 12,24% dan nilai confidence 92,31% adalah Jajanan snack, Mancis, Rokok. Penerapan algoritma apriori pada data transaksi penjualan sangat berguna dan efesien dalam proses pembentukan kombinasi antar item. Dengan penerapan metode ini tata letak barang lebih selektif dan pengadaan barang diperbaharui setelah mengetahui hasil dari pengujian sistem.
Copyrights © 2025