Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-readiness dan kecenderungan berpikir kritis terhadap miskonsepsi peserta didik pada mata pelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini 216 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri di kabupaten Lombok timur. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket e-readiness, angket kecenderungan berpikir kritis, dan tes miskonsepsi yang dipadukan dengan metode CRI. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan abntuan program SPSS 16. Hasil analisis regresi linier berganda secara parsial menemukan bahwa e-readiness (sig.0,008<0,05) dan kecenderungan berpikir kritis (sig. 0,000<0,05) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap miskonsepsi pembelajaran biologi dengan koefisien korelasi negatif. Analisis regresi berganda secara simultan menemukan bahwa e-readiness dan kecenderungan berpikir kritis (sig. 0,000<0,05) memthispunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap miskonsepsi dengan koefisien regresi negatif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa e-readiness dan kecenderungan berpikir kritis secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap miskonsepsi pembelajaran biologi dengan koefisien regresi negatif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025