Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran Cabri 3D terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pringgasela. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pringgasela tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan media Cabri 3D sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan alat peraga bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes hasil belajar siswa yang digunakan terdiri dari 5 soal uraian dengan materi bangun ruang sisi datar. Rata-rata nilai posttest bangun ruang sisi datar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu .  Data dianalisis menggunakan uji t, diperoleh hasil sehingga  diterima. Hal ini terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest bangun ruang sisi datar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan dengan media pembelajaran Cabri 3D. Dimana Rata-rata nilai posttest bangun ruang sisi datar kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Cabri 3D lebih tinggi dari rata-rata nilai posttest bangun ruang sisi datar kelas kontrol yang menggunakan alat peraga bangun ruang sisi datar. Penerapan media Cabri 3D efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas VIII SMPN 1 Pringgasela Tahun Ajaran 2023/2024.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025