Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis
Vol 3, No 2 (2024)

DAMPAK KEBERADAAN DOSEN TIDAK TETAP TERHADAP PERKEMBANGAN INSTITUSI PERGURUAN TINGGI: KAJIAN PADA ASPEK AKADEMIK DAN MANAJERIAL

Arsania, Rara Fristi (Unknown)
Salabi, Agus Salim (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

This study aims to analyze the impact of part-time lecturers on the development of higher education institutions, focusing on academic and managerial aspects. The presence of part-time lecturers in universities has become increasingly common, especially in response to the challenges of flexible and efficient teaching needs. However, their contribution to the quality of education and institutional management remains a subject of debate. This research employs a qualitative approach with a case study conducted at several universities in Indonesia. Data was collected through interviews with academic administrators, full-time, and part-time lecturers, as well as analysis of human resource management policy documents. The findings indicate that part-time lecturers play a significant role in enhancing teaching flexibility, but challenges related to teaching consistency and integration within academic teams were identified. From a managerial perspective, part-time lecturers provide efficiency in budget management and meeting teaching staff requirements but may add complexity to performance management and evaluation processes. This study suggests the need for more structured and professional policies in managing part-time lecturers to ensure sustainable educational quality and more effective human resource management. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keberadaan dosen tidak tetap terhadap perkembangan institusi perguruan tinggi, dengan fokus pada aspek akademik dan manajerial. Keberadaan dosen tidak tetap di perguruan tinggi menjadi semakin umum, terutama dalam menghadapi tantangan kebutuhan pengajaran yang fleksibel dan efisien. Namun, kontribusi mereka terhadap kualitas pendidikan dan pengelolaan institusi masih menimbulkan berbagai perdebatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Data diperoleh melalui wawancara dengan pengelola akademik, dosen tetap, dan dosen tidak tetap, serta analisis dokumen kebijakan pengelolaan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen tidak tetap berperan penting dalam meningkatkan fleksibilitas pengajaran, namun terdapat kendala terkait konsistensi pengajaran dan integrasi mereka dalam tim akademik. Dalam aspek manajerial, dosen tidak tetap memberikan efisiensi dalam pengelolaan anggaran dan pemenuhan kebutuhan tenaga pengajar, namun dapat menambah kompleksitas dalam pengelolaan kinerja dan evaluasi. Penelitian ini menyarankan perlunya kebijakan pengelolaan dosen tidak tetap yang lebih terstruktur dan profesional, guna memastikan kualitas pendidikan yang berkelanjutan serta pengelolaan sumber daya manusia yang lebih efektif. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis (JMEB) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Kirana, Medan, Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali per tahun. Jurnal ini berisi artikel penelitian, pengembangan konseptual, tinjauan kritis yang ...