Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 1 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Sentimen Brand Barenbliss Menggunakan Machine Learning (Studi Kasus: E-Commerce Shopee)

Qadri, Nur Amalia (Unknown)
Alam, Syamsu (Unknown)
Taufik, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna produk Barenbliss dengan menggunakan teknik machine learning. Data dikumpulkan dari Shopee melalui teknik scraping. Data yang telah diperoleh kemudian diolah melalui beberapa tahapan preprocessing seperti pembersihan data, tokenisasi, dan stemming. Setelah melakukan preprocessing akan diolah lagi untuk dianalisis menggunakan tiga algoritma machine learning: Support Vector Machine, Naive Bayes Classifier, K-Nearest Neighbor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma SVM memberikan akurasi yang paling baik dalam mengklasifikasikan sentimen ulasan konsumen. Faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen berdasarkan ulasannya yaitu: sentimen positif topik yang sering dibicarakan adalah kandungan dari produk tersebut, sentimen negatif konsumen cenderung membicarakan tentang produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan, sentimen netral menunjukkan bahwa produk memiliki kualitas yang bervariasi, beberapa ulasan konsumen mengatakan produk unggul dalam kualitas produk namun ada juga yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Secara umum produk dapat diterima sebagian besar konsumen tetapi tidak menjadi pilihan utama bagi semua orang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...