Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah dasar sering menghadapi masalah rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa akibat metode pengajaran konvensional yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media Word Wall dalam meningkatkan motivasi, hasil belajar, dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD Kanisius 01. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan refleksi siswa. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VI yang terlibat dalam pembelajaran berbasis Word Wall. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Word Wall secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Siswa menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi, partisipasi aktif dalam diskusi, dan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep "Hak dan Kewajiban Warga Negara." Media Word Wall terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya inovasi dalam media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam konteks PKn. Penggunaan Word Wall dapat diadaptasi untuk mata pelajaran lain, mendukung pembelajaran yang lebih kolaboratif dan relevan dengan kebutuhan siswa.
Copyrights © 2025