Pada penelitian ini berfokus pada kekurangan media informasi berbasis Multimedia interaktif di kalangan masyarakat sebagai wadah informasi yang menjelaskan tentang hewan langka di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif sebagai alat pembelajaran alternatif, dengan fokus khusus pada hewan-hewan langka di Indonesia yang perlu lebih dipahami oleh masyarakat. Permasalahan yang diatasi melibatkan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran tematik, terutama untuk siswa kelas 1, yang pada akhirnya menyebabkan rendahnya minat dan motivasi belajar terkait dengan keanekaragaman hayati. Solusi yang diusulkan melibatkan pengembangan produk multimedia interaktif berupa game edukasi, yang materinya secara mendalam terkait dengan hewan-hewan langka di Indonesia. Metode pengembangan yang digunakan yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang memiliki enam tahapan, yaitu Pengonsepan (Concept), Pendesainan (Design), Pengumpulan materi (Material collecting), Perakitan (Assembly), Pengujian (Testing), dan Pendistribusian (Distribution). Hasil yang diperoleh pada pengujian alpha, dipastikan bahwa semua fitur yang ada dapat berjalan dengan baik. Kemudian hasil yang diperoleh pada pengujian beta terhadap 30 responden menunjukkan penilaian sebesar 4,52 dari skala 5, mengindikasikan bahwa game edukasi ini mendapat penilaian yang baik dan dapat digunakan sebagai media informasi edukatif yang menarik perhatian terhadap keberagaman hewan langka di Indonesia.
Copyrights © 2024