Dalam rangka meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa, penelitian ini berupaya untuk memastikan keabsahan, keberhasilan, dan kegunaan produk LKPD berbasis PBL yang dibuat untuk proses pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024–2025 di SMP N 35 Medan. Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Siswa kelas VIII-1 menjadi subjek penelitian, dan LKPD berbasis PBL menjadi topik penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, produk LKPD berbasis PBL dinilai praktis dengan persentase angket respon guru sebesar 93,42% dan persentase angket respon siswa sebesar 82,60%, keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis; juga dinilai valid dengan rata-rata 86,80% untuk ahli media dan 84,71% untuk ahli materi, sehingga layak untuk diimplementasikan; dan meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,69 dengan kategori peningkatan sedang. LKPD berbasis PBL yang dihasilkan layak, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa, berdasarkan analisis data menggunakan uji validitas, uji efektivitas, dan uji praktikalitas.
Copyrights © 2025