Penelitian ini berjudul peran perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran bagi mahasiswa Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran bagi mahasiswa Universitas Negeri Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka (melalui penelitian-penelitian sebelumnya) serta berupa rekaman suara dari responden. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Padang (UNP) melibatkan mahasiswa yang sering menggunakan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan berperan dalam mendukung proses pembelajaran yang menyediakan sumber bahan belajar, fasilitas dan layanan yang mendukung pembelajaran, serta akses informasi digital. Selain itu dengan tersedianya sumber bahan belajar juga mendukung dalam proses penelitian dan riset, dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk membuat skripsi sebagai tugas akhir yang wajib dipenuhi. Namun penelitian ini juga menemukan beberapa faktor kendala peran perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran seperti kekurangan koleksi bahan pustaka, kekurangan tenaga kerja pustakawan, dan kendala lainnya seperti pengguna perpustakaan yang kurang bijak. Dengan demikian peneliti mengusulkan peningkatan kualitas koleksi dan jumlah pustakawan untuk memaksimalkan peran perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran bagi mahasiswa Universitas Negeri Padang.
Copyrights © 2025