Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran bahasa Inggris menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament. Pada indikator peningkatan sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh skor minimal 70, rata-rata prosentase aktivitas siswa mencapai 85% mencapai kategori baik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-April 2024 tahun pelajaran 2023/2024 di SMP Negeri 30 Purworejo. Penelitian dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 30 Purworejo yang berjumlah 32 siswa, 12 orang diantaranya perempuan dan 20 orang laki-laki, dengan badan siswa yang heterogen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan sebelumnya dilakukan analisis deskriptif menggunakan analisis persentase. Metode penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut: Ada empat tahapan utama dalam proses perencanaan: (1) perencanaan (perencanaan), (2) tindakan (pelaksanaan), (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi dan tindak lanjut. dilanjutkan dengan dua siklus utama, yaitu Siklus I dan Siklus II. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk meningkatkan proses pengajaran siswa cara membaca teks narasi komprehensif. Hal ini disebabkan karena aktivitas belajar siswa semakin meningkat. mengingat secara menyeluruh kemampuan membaca teks. Rata-rata siswa selama pembelajaran pada Siklus I diperoleh rata-rata keaktivan 80,64% (kategori cukup hingga sangat baik), dan pada Siklus II meningkat menjadi 82,45%. Rata-rata tercapai pada Siklus I sebesar 70,34% dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,13%. The study's findings indicate that there is a growing increase in the learning outcomes of comprehending comprehensive retelling texts. In Siklus I, the rata-rata was 70,34, with a 78,13% ketuntasan belajar klasikal; in Siklus II, the rata-rata was up to 78,25, with an 87,50% ketuntasan belajar klasikal. Kata kunci: Ketrampilan Membaca, membaca komprehensif, pembelajaran kooperatif, TGT
Copyrights © 2024