Pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal dalam bahan ajar merupakan cara yang strategis untuk memperkenalkan nilai-nilai moral kepada peserta didik, melalui pengembangan bahan ajar peserta didik dapat berinteraksi dengan masyarakat lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal yang valid kepada siswa kelas tujuh SMPN 3 Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, sedangkan dalam hal ini peneliti hanya fokus pada tiga tahap yaitu: Analisis, Desain dan Pengembangan. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar diketahui hasil validasi dengan kriteria 3 ≤ V ≤ 4,5 ditinjau dari aspek penyampaian materi, aspek isi dan materi, aspek tata bahasa dan keterbacaan serta aspek kegrafikan dengan skor validasi akhir. sebesar 4,3 yang memenuhi kriteria valid. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal layak digunakan sebagai bahan ajar. Peneliti merekomendasikan para guru untuk menggunakan bahan ajar yang terintegrasi dengan kearifan lokal dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.
Copyrights © 2024