Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan altruisme dalam kelompok kerja guru (KKG) terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Subjek penelitian berjumlah 181 guru sekolah dasar. Untuk menganalisa data hasil penelitian digunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh yang signifikan fungsi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (71,941>3,89) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi fungsi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 28,7% dan sisanya 71,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Terdapat pengaruh yang signifikan altruisme guru terhadap kinerja guru di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (35,520>3,89) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi yang altruisme guru terhadap kinerja guru di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 33,20% dan sisanya 66,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Terdapat pengaruh yang signifikan fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan altruisme guru terhadap kinerja guru di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (50,971>3,05) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan altruisme guru terhadap kinerja guru di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 36,4% dan sisanya 63,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2024