EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Media Permainan Si Tole untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi

Purnomo, Syafa Aisyah Ayu (Unknown)
Rusmini, Rusmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru adalah media power point dan papan tulis, namun pemanfaatan media tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berupa permainan “Si Tole”, yang dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Laju Reaksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) Borg and Gall melalui lima tahap yang meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji lapangan awal, dan revisi produk. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media permainan Si Tole layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Ditunjukkan oleh hasil analisis validitas media permainan Si Tole yang memperoleh hasil rata-rata modus sebesar 4 dengan kriteria baik, sehingga media permainan valid, kepraktisan media permainan Si Tole ditunjukkan oleh hasil analisis angket respon peserta didik yang memperoleh persentase 93% dengan kriteria sangat praktis, dan keefektifan media permainan Si Tole ditunjukkan oleh hasil analisis pretest dan posttest mengalami peningkatan yang dapat ditunjukkan oleh rata-rata nilai gain yang diperoleh yakni sebesar 0,81 dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...