Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 03 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN ALAT PERAGA BUCANEL TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DI KELAS 1 MI AL MUSTAJAB

Krisdiana, Like Feni (Unknown)
Hawa, Anni Malihatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contoh Non Contoh berbantuan alat peraga Bucanel terhadap keaktifan siswa Kelas 1 MI AL MUSTAJAB. Penelitian ini termasuk jenis desain Kuasi Eksperimen terhadap responden yang telah ditentukan berdasarkan jumlah sampel yang sudah diambil. Teknik pengumpulan data berupa konsep tertutup. Angket dengan alternatif jawaban Ya dan Tidak.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validasi dan uji reabilitas yang diuji dengan bantuan SPSS. Populasi yang digunakan penelitian ini yaitu siswa kelas 1 berjumlah 1A 28 siswa dan 1 B 30 siswa. Dalam model pembelajaran ini siswa mengungkapkan, dan dalam kelompok tersebut siswa akan berdiskusi dengan teman kelompoknya untuk menganalisis contoh yang diberikan oleh guru kepada siswa. Berdasarkan hasil data angket keaktifan siswa di atas yang telah diperoleh menunjukkan bahwa sikap Aktivitas rata-rata 71%, lisan rata-rata 76%, mendengar rata-rata 78%, menulis 86%, gerak mencapai 77%, mental 79%, dan emosi 71%. Hasil uji Regresi Linear Sederhana dengan nilai signifikasi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 0,05. Peningkatan pengaruh model pembelajaran Sample Non-Example berbantuan alat peraga bucanel terhadap keaktifan siswa. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Paired sampel T-Test dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran Contoh Non Contoh berbantuan alat peraga Bucanel di Kelas 1 MI AL MUSTAJAB.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...