Latar Belakang : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan evaluasi berbasis keterampilanabad 21 dalam pembelajaran IPA di SDN Kapuk 08 Petang, dengan fokus pada pengembanganketerampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas (4C). Metode penelitian yangdigunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data diperoleh melalui observasi danwawancara mendalam dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN Kapuk08 Petang secara aktif menerapkan keterampilan 4C dalam pembelajaran IPA, menggunakan berbagaimetode evaluasi, seperti proyek kelompok, diskusi, dan presentasi. Siswa menunjukkan keterlibatan tinggidalam pembelajaran dan merespons positif evaluasi berbasis keterampilan abad 21 ini. Penerapan evaluasiberbasis keterampilan abad 21 terbukti memberikan dampak positif terhadap motivasi dan pemahamansiswa dalam belajar IPA. Guru juga mencatat bahwa pendekatan ini mendukung pengembanganketerampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama ketika mereka bekerja dalam kelompokdan menyelesaikan tugas proyek. Meskipun terdapat tantangan, seperti menyesuaikan evaluasi untuk siswadengan berbagai tingkat kemampuan, guru mengatasi kendala ini dengan metode pembelajaranberdiferensiasi. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi berbasis keterampilan abad21 dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar, membekali siswa dengan keterampilanpenting yang relevan untuk kehidupan di masa depan.
Copyrights © 2024