Sarana dan prasarana merupakan komponen penting dalam membantu guru dan siswa sekolah dasar terhadap kegiatan belajar. Kenyataannya, masih banyak Sekolah Dasar (SD) yang mengalami kekurangan sarana prasarana.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi secara spesifik tingkat kelayakan sarana dan prasarana di sekolah dasar. Strategi Pembelajaran yang digunakan Guru pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar Negeri 4 Sukajawa Bandar Lampung yaitu Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam pembelajaran kooperatif, siswa tidak hanya belajar secara individual, tetapi juga belajar untuk memahami dan menghargai kontribusi dari anggota kelompok lainnya. Sarana dan prasarana memiliki dampak besar pada seberapa baik siswa belajar. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran berkualitas tinggi untuk siswa. Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang sangat penting untuk keberhasilan proses pendidikan di SDN 4 Sukajawa. Serupa dengan manajemen pada umumnya, pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah memerlukan proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemeliharaan dan pengawasan. Hasil dari penelitian ini apa yang dibutuhkan Sekolah dalam hal sarana prasarana yang kurang mendukung proses pembelajaran dan setrategi yang dibutuhkan guru dalam menghadapi situasi tersebut agar tetap nerjalan dengan baik.
Copyrights © 2024