Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04, Desember 2024.

KURANGNYA SARANA PRASARANA DAN SETRATEGI GURU PPKN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SDN 4 SUKA JAWA

Agus Dwi Prasojo (Universitas Islam An-Nur Lampung)
Deri Firmansah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan komponen penting dalam membantu guru dan siswa sekolah dasar terhadap kegiatan belajar. Kenyataannya, masih banyak Sekolah Dasar (SD) yang mengalami kekurangan sarana prasarana.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi secara spesifik tingkat kelayakan sarana dan prasarana di sekolah dasar. Strategi Pembelajaran yang digunakan Guru pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar Negeri 4 Sukajawa Bandar Lampung yaitu Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam pembelajaran kooperatif, siswa tidak hanya belajar secara individual, tetapi juga belajar untuk memahami dan menghargai kontribusi dari anggota kelompok lainnya. Sarana dan prasarana memiliki dampak besar pada seberapa baik siswa belajar. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran berkualitas tinggi untuk siswa. Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang sangat penting untuk keberhasilan proses pendidikan di SDN 4 Sukajawa. Serupa dengan manajemen pada umumnya, pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah memerlukan proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemeliharaan dan pengawasan. Hasil dari penelitian ini apa yang dibutuhkan Sekolah dalam hal sarana prasarana yang kurang mendukung proses pembelajaran dan setrategi yang dibutuhkan guru dalam menghadapi situasi tersebut agar tetap nerjalan dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...