Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09, Nomor 04, Desember 2024

KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

Wardha Tsabita, Dhyah (Unknown)
Hayati, Laila (Unknown)
Wulandari, Nourma Pramestie (Unknown)
Hikmah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistik pada materi statistika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Mataram dengan subjek penelitian adalah 87 siswa yang terdiri dari kelas VIII-A dan VIII-C yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dan gaya belajar visual sebagai gaya belajar terbanyak yaitu 47 dari 87 siswa memiliki gaya belajar visual. Selanjutnya, hasil skor kemampuan literasi statistik siswa berada pada kategori rendah yaitu 52 dari 87 siswa dan rata-rata skor seluruh siswa yaitu 47,19. Posisi bangku siswa setiap gaya belajar menghasilkan kategori kemampuan literasi statistik yang berbeda khususnya pada siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial, namun siswa dengan gaya belajar kinestetik tidak memiliki perbedaan pada kategori kemampuan literasi statistik berdasarkan posisi bangku siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...