Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis supervisi dalam keberhasilan implementasi kurikulum merdeka. Studi pustaka atau review literatur digunakan sebagai metode penelitian dengan menganalisis berbagai sumber literatur, seperti buku, artikel, jurnal, dan dokumen relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Supervisi membantu guru dalam memahami dan menerapkan kurikulum secara efektif, meningkatkan kompetensi profesional, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Selain itu, supervisi juga berperan dalam mengatasi berbagai tantangan dalam implementasi kurikulum, seperti kesiapan guru, ketersediaan sumber daya, dan dukungan lingkungan. Dengan demikian, supervisi yang efektif, baik yang dilakukan oleh kepala sekolah maupun pengawas, menjadi kunci keberhasilan implementasi kurikulum dan peningkatan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2024