CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 Number 1, January 2025

Penerapan Metode Pembiasaan untuk Mengembangkan Disiplin Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak

Mudayanti, Mudayanti (Unknown)
Jumiatin , Dedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan sikap disiplin anak usia dini. Karena disiplin merupakan suatu hal yang mendasar yang harus diberikan kepada anak sejak usia dini, guna untuk menamamkan perilaku disiplin yang baik dijenjang berikutnya. Pengembangan sikap disiplin ini dilakukan dengan cara menanamkan metode pembiasaan pada kehidupan sehari-hari sehingga anak akan selalu mengingat kebisaaan yang sudah diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengembangkan disiplin anak usia dini melalui penerapan metode pembiasaan. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu anak usia dini kelompok belajar B, yang berjumlah 17 anak. Untuk mendapatkan data, teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan wawancara kepada guru dan observasi kepada anak-anak serta dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan. Setelah data terkumpul, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, yang dilakukan dengan cara reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan. Berikut ini adalah hasil yang sudah didapatkan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dimana dalam implementasi metode pembisaan untuk mengembangkan sikap disiplin guru sudah mampu menanamkan 5 indikator yang sudah ditentukan dan anakpun mampu mengikuti pembisaan disiplin yang sudah ditentukan oleh guru. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan dalam mengembangkan sikap disiplin cukup efektif digunakan untuk melatih perilaku disiplin anak usia dini. This study was conducted to develop early childhood discipline. Discipline is a fundamental thing that must be given to children from an early age to instill good disciplined behavior at the next level. The development of this discipline is done by instilling a method of habit in everyday life so that children will always remember the habits taught by the teacher. The purpose of this study is to develop early childhood discipline through the application of the habit method. The research method used is a qualitative descriptive method with research subjects, namely early childhood learning group B, totaling 17 children. To obtain data, data collection techniques are carried out by interviewing teachers and observing children and documentation as evidence of the implementation of the research carried out. After the data is collected, the data analysis technique in this study uses descriptive analysis, which is carried out by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The following are the results that have been obtained based on the research that has been carried out where, in the implementation of the habit method to develop a disciplined attitude, teachers have been able to instill 5 predetermined indicators, and children can follow the discipline habits that have been determined by the teacher. So it can be concluded that the habituation method in developing a disciplined attitude is quite effective for training disciplined behavior in early childhood.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education

Description

Ceria Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of IKIP Siliwangi on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs. -Educational ...