Penelitian dilaksanakan demi mengetahui informasi terkait pengaruh media video animasi “Piknik bersama Matematika” terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang. Adanya pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi “Piknik bersama Matematika” terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang, dan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media video animasi “Piknik bersama Matematika” di Kelas V pada materi bangun ruang, serta untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media konvensional dan alat peraga di Kelas V pada materi bangun ruang. Metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian quasy eksperimen jenis non-equivalent control group design dipilih untuk menunjang keberhasilan penelitian ini. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas V SD Se-Gugus 1 Kecamatan Gunung Jati dan sampel penelitian adalah siswa Kelas V 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis dan observasi guru. Temuan penelitian yang didapatkan saat pelaksanaan penelitian ini adalah kelas eksperimen yang menggunakan media video animasi “Piknik bersama Matematika” mempunyai sig. 0,000 yang menandakan bahwa ada pengaruh baik pada pemahaman konsep matematis siswa Kelas V pada materi bangun ruang. Pada kelas kontrol yang menggunakan media konvensional dan alat peraga mempunyai sig. 0,000 yang menandakan bahwa ada pengaruh baik pada pemahaman konsep matematis siswa Kelas V pada materi bangun ruang. Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media video animasi “Piknik bersama Matematika” di Kelas V pada materi bangun ruang mempunyai interpretasi sangat baik dengan rata-rata 92,84%. Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media konvensional dan alat peraga di Kelas V pada materi bangun ruang mempunyai interpretasi sangat baik dengan rata-rata 95,07%. Dalam hal ini pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media konvensional dan alat peraga lebih baik dari pada media video animasi “Piknik bersama Matematika”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025