Pembelajaran yang dapat mendorong kreativitas untuk memberikan kesempatan untuk menciptakan ide-ide dalam mengekspresikan sesuatu yang baru. Dengan melibatkan siswa untuk mencari pengalaman yang dalam menyelesaikan pembelajaran dengan praktis serta mencari solusi yang unik dan inovatif. Kebebasan kepada siswa dalam hal pendekatan yang sesuai dengan minat bakat yang dapat mendorong kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah uji pengaruh penggunaan metode PJBL terhadap kreativitas dan belajar siswa, maka penelitian ini ingin mengetahui kemampuan belajar siswa dalam PJBL danĀ  untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan metode PJBL. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Metode kuantitatif eksperimen melibatkan proses sistematis pada peneliti untuk memanipulasi sat atau lebih variabel independen untuk mengamati dampaknya terhadap variabel dependen pada syarat yang terkontrol. Tingkat keefektifan pengaruh PJBL terhadap hasil belajar siswa pada saat di lapangan menunjukkan ada kenaikan yang signifikan pada pengukuran hasil pretest rata-rata 65% dan hasil postest rat-rata 85%. Karena nilai sig. (2-tailed) atau p-value uji t sebesar 0,00 yang artinya <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut memiliki yang signifikan terhadap pengaruh PJBL terhadap kreativitas hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025