Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak metode luar kelas terhadap keterlibatan, pemahaman, motivasi, serta keterampilan sosial dan emosional siswa, serta mengidentifikasi kendala dalam penerapannya di SDIT Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan delapan siswa kelas III dan satu guru PAI sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data mencakup observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran luar kelas di SDIT Karawang berhasil meningkatkan keterlibatan siswa melalui aktivitas yang bervariasi seperti membaca kisah nabi di perpustakaan dan praktik wudhu serta sholat di masjid. Siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman terhadap materi PAI, serta pengembangan keterampilan sosial dan emosional seperti empati dan tanggung jawab. Meskipun demikian, kendala dalam manajemen kelas dan penggunaan fasilitas menjadi tantangan utama yang perlu diatasi untuk optimalisasi pembelajaran luar kelas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran PAI yang lebih efektif dan menarik, serta menjadi acuan bagi sekolah-sekolah lain dalam menerapkan pembelajaran luar kelas untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dan membentuk karakter siswa secara holistik.
Copyrights © 2025