Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam membaca, dan membaca hanya melafalkan kata-kata saja tanpa memahami makna yang mereka baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Membaca Terbimbing (MMT, guided reading) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di sekolah dasar dengan menggunakan laman Literacy Cloud (LLC). Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Sumedang dengan subjek penelitian kelas V. Indikator kemampuan membaca yang diukur di antaranya (1) menuliskan tiga tokoh, (2) menuliskan tiga karakter tokoh, (3) menuliskan latar waktu dan tempat, (4) menuliskan lima ide pokok, (5) menuliskan pesan (amanat), (6) menuliskan ide cerita (tema). Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 11 peserta didik atau sebesar 46%. Kemudian pada tindakan siklus II, peserta didik yang tuntas meningkat kembali menjadi 23 peserta didik dengan persentase 96%. Penggunaan MMT efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar.
Copyrights © 2025