Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Konsep Pembelajaran Howard Garden dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah

Bisri, Nanda Afrizal (Unknown)
Purwowidodo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu indikator perkembangan suatu negara dan penting bagi perkembangan individu sesuai dengan tuntutan global. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran di Indonesia masih perlu ditingkatkan, terutama di tingkat MI. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman pendidik dalam proses pembelajaran, terutama dalam memperhatikan aspek internal peserta didik, seperti kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Setiap peserta didik memiliki karakter kecerdasan yang berbeda, dan penting bagi pendidik untuk memahami perbedaan tersebut. Konsep pembelajaran Howard Garden tentang multiple intelligence menjadi salah satu alternatif dalam merencanakan dan mendesain pembelajaran di MI. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pembelajaran Howard Garden yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dapat difokuskan pada pengembangan potensi peserta didik secara tepat sasaran. Artikel ini menggunakan metode Library Research, yaitu dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka untuk memperoleh informasi yang diinginkan. Pendidik dapat lebih memahami konsep pembelajaran Howard Garden dalam konteks pembelajaran IPS di MI. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang konsep ini, diharapkan pendidik dapat mengembangkan pembelajaran yang lebih efektif dan relevan bagi peserta didik di MI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...