Pengembangan di bidang Pendidikan perlu dilakukan terlebih lagi di masa sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendatangkan perubahan di hampir semua lini kehidupan manusia, termasuk dengan pendidikan formal. Hal ini yang menjadi latar belakang dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan efektivitas dari media pembelajaran digital 3 Bangun Datar untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan desain ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital 3 Bangun Datar telah mendapatkan validasi dari ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Ketiga kelompok ahli menilai kelayakan media pembelajaran digital 3 Bangun Datar sangat valid. Ahli bahasa memberikan nilai kelayakan sebesar 100%, ahli materi menilai 93%, dan ahli media memberikan nilai kelayakan sebesar 93%. Untuk mengukur tingkat efektivitas dari media yang dikembangkan, peneliti menggunakan model one group pretest and posttest design dengan menginterpretasikan seberapa besar peningkatan pemahaman peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran digital 3 Bangun Datar. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pemahaman peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran digital 3 Bangun Datar termasuk kedalam kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital 3 Bangun Datar sangat layak dan berkategori sedang untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran bangun datar pada jenjang kelas IV. Penelitian ini memberikan implikasi penelitian untuk siswa, dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi bangun datar. Adapun implikasi penelitian ini bagi guru adalah dapat dijadikan salah satu media yang dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar untuk membantu meningkatkan pemahaman matematis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025