Kebijakan Merdeka Belajar adalah memberikan kemerdekaan kepada setiap satuan pendidikan untuk melakukan inovasi. Pada hakekatnya, Merdeka Belajar hadir untuk menggali potensi yang ada pada guru, sekolah dan peserta didik untuk berinovasi dalam meningkatkan kualitas secara mandiri. Mandiri bukan hanya mengikuti proses birokrasi pendidikan yang sudah ada, tetapi yang sangat diperlukan adalah kegiatan untuk berinovasi. Guru dan peserta didik diberi kebebasan untuk mengakses ilmu pengetahuan, serta metode pembelajaran yang berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sebagai inovator dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka untuk mengembangkan kreativitas peserta didik kelas V di MIN 5 Nganju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis dalam penelitian ini adalah studi kasus (Field research). Lokasi penelitian ini dilakukan di MIN 5 Nganjuk. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu (Person), (Place) dan, (Paper). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa guru sudah berperan sebagai innovator dalam pembelajaran berbasis kurikulum Merdeka ini. Hal ini terlihat dari guru yang berperan aktif terhadap perubahan dan pembaharuan dengan cara mengikuti kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah.
Copyrights © 2025